“Great moment with UKFF..!!!”

Standard

 

Kita bukan artis ternama, bukan sutradara handal, bukan cameramen profesional, bukan clipper berpengalaman, dan aku hanyalah seorang eksekutif produser amatiran. Tapi, ntah kenapa, di dalam dada ini tersimpan semangat yang begitu besar untuk membuat sebuah project film yang telah kita rencanakan jauh-jauh hari.

UKFF (Unit Kegiatan Film dan Fotografi), sebuah perkumpulan sederhana yang menaungi kita di bawah campur tangan beberapa orang Dewan Pendiri hebat dan luar biasa. UKFFer, begitulah nama yang kita sematkan dalam diri kita masing-masing. Ada rasa bangga dan bahagia bisa menjadi bagian dari organisasi hebat ini. Walaupun dulu, sempat terfikirkan olehku keinginan bodoh untuk resign, namun Alhamdulillah hal itu tidak terjadi, karena dorongan dan semangat yang luar bisa dari seorang abang yaitu bang Adhit Tobing. Semangatku selalu di pompa walau dengan cara-cara yang sempat aku ragukan.

7 Mei 2011.Tepat setahun yang lalu, dengan satu tujuan besar, kita bersama-sama mendatangi sebuah kota dengan background ternamanya Batu bara dan kereta api Mak itam. Sawahlunto, begitu orang-orang menamakannya. Kota kecil yang berbentuk seperti kuali tertelentang dengan berbagai macam keunikannya. Disana, di kota Sawahlunto, kita memulai project besar ini.

“Ikan dalam Plastik”, begitulah judul project yang akan kita selesaikan bersama-sama. Sebuah karya film yang diangkat dari cerita pendek seorang penulis hebat yang sekaligus bertindak sebagai Sutradara dalam film ini yaitu bang Arif Rizki. Film yang berdurasi sekitar 20 menit dengan alur cerita flash back dari seorang pemuda yang menemukan diary ibunya di tahun 70-an silam. Cerita sederhana dengan berjuta makna yang terkandung di dalam.

Dua hari lamanya kita berdiam diri di Sawahlunto guna menuntaskan setiap scene dalam film ini. Salah satu hal yang membuat kita semakin bersemangat adalah dengan adanya adegan yang diambil di atas keret api “mak itam”. Woww..!! Luar biasa. Dalam pembuatan film ini, kita mampu melakukan kerjasama dengan pihak KAI (Kereta Api Indonesia) agar mereka memfasilitasi kereta api Mak Itam -yang telah ada sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu dan sempat dibawa ke Jawa, lalu di pulangkan lagi ke Sumatera Barat- guna kesuksesan film ini.

Begitu panjang proses yang telah kita lalui dengan beraneka ragam tantangan dan hambatan-hambatan yang tidak mudah. Namun, dengan semangat, kerja keras, ketekunan, keuletan, optimis, usaha dan doa yang tertanam dalam diri ini, akhirnya puji syukur Alhamdulillahirabbil’alamin, kita bisa menuntaskan dan menyelesaikan film pendek “Ikan dalam Plastik” dengan sangat baik. Betapa bangga dan bahagianya saat sebuah mimpi bisa terwujud dan menjadi kenyataan.

28 April 2012, pukul 16.00 wib, UKFF telah mengadakan launching perdana” Ikan dalam Plastik” yang bertempat di Plaza Andalas, Padang. Tak hanya itu, kita juga mengadakan exhibition foto hasil karya dari masing-masing UKFFers. Tapi sayang sekali, jarak terlalu berpengaruh untukku dan seorang teman “Rindu Nindi Noveria” yang juga terlibat dalam pembuatan film ini sebagai salah seorang pemeran utama, untuk bisa bergabung dalam event luar biasa ini. Tapi bagaimanapun juga, atmosfer kemeriahan dan luar biasanya acara tersebut dapat kita rasakan dari tanah rantau ini.

Hm, semoga nanti UKFF bisa menghasilkan karya-karya yang luar biasa dan lebih baik lagi. Dan kita para UKFFers akan tetap kompak dan akan selalu bersama-sama dalam mewujudkan setiap mimpi-mimpi kita. Merapi saja bisa kita taklukkan saat pelantikan tiga tahun yang lalu, apalagi untuk menaklukkan sebuah mimpi. InsyaAllah kita bisa..!! Aminnnnnnnnn…!!!! 😀

Beberapa gambar yang coba menceritakan momen-momen indah saat syuting “Ikan Dalam Plastik” berlangsung. Mulai dari keberangkatan hari pertama dari Solok pada tanggal 7 Mei 2011, sampai berakhir syuting di hari kedua di kota Sawahlunto yang di tutup dengan perayaan ulang tahun kak Ririn Emilia pada tanggal 8 Mei 2011. Great and awesome moment..!!! 😀 😀 😀

09:43 pm

Senin, 7 Mei 2012

AP3-477, DPP Bank Muamalat, UUM, Sintok, Kedah, Malaysia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s