Pengalaman baru di Pertamina Dumai..!!! :D

Standard

Hari pertama magang di Pertamina Dumai. Selasa, 03 Juli 2012.

Hm, ternyata magang itu sesuatu banged ya…!!! Baru masuk hari pertama aja udah banyak cerita yang saya dapatkan. Mulai dari cerita konyol, menegangkan sampai yang membosankan juga ada.

Hari pertama sampai di kantor Pertamina, saya harus bertemu dengan orang-orang penting serta karyawan-karyawan yang bekerja  di sana. Bersikap seramah dan sesopan mungkin karena memang saya adalah orang baru yang harus berpandai-pandai bertingkah laku dan bersosialisasi sebaik mungkin. Bagaimanapun juga sikap dan gerak-gerik saya akan menjadi penilaian dan perhatian mereka.

Selesai beramah tamah, saya dan seorang teman bernama Rindu langsung diantar ke ruangan dimana kami akan di tempatkan. Awalnya agak takut juga ketika tau ternyata saya ditempatkan di bagian keuangan (Financial Accounting), karena memang keuangan atau accounting bukanlah makanan dan kemampuan saya. Tapi mau bagaimana lagi, saya harus patuh dan ikut peraturan perusahaan. Rindu ditempatkan di bagian kasir, sementara saya di bagian penganggaran dana atau budgeting.

Masuk ke dalam ruangan dengan perasaan yang masih sedikit takut dan grogi, walaupun sebenarnya saya sangat menyukai dan menikmati suasana baru seperti ini. Berada di tempat baru, bertemu dengan orang-orang baru dan pastinya akan mendapatkan pengalaman baru, itulah yang menjadi penyemangat dan memotivasi saya untuk mengalahkan semua grogi dan takut saya saat itu.

Saat benar-benar berada di ruangan budgeting, terlebih dahulu saya bersalaman dan memperkenalkan diri kepada penghuni- penghuni ruangan tersebut. Awalnya masih malu-malu gitu, tapi ternyata unexpected experience. Hahaha… suasana yang awalnya menegangkan dan seriously langsung mencair karena ulah dan tingkah laku para karyawan di sana. Saya benar-benar dibikin ngakak dan tertawa terbahak-bahak oleh tingkah laku mereka yang konyol dan asyik. Benar-benar suasana kerja yang penuh dengan keakraban dan keramahan. Walaupun terkadang mereka ada juga yang berbicara secara blak-blakan dan berkelakar agak berlebihan, tapi itu tidak masalah dan saya pun bisa menerimanya dengan santai.

Selesai berkenalan dan bercerita-cerita, merekapun melanjutkan pekerjaannya, sementara itu saya lebih memilih untuk membaca buku panduan magang dari universitas yang belum sempat saya baca dan pahami. Selang beberapa menit, seorang bapak memanggil dan menyuruh saya duduk di dekat meja kerjanya. Lalu dengan sikap yang bersahabat beliau pun menjelaskan semua hal yang terkait dengan Pertamina. Beliau menjelaskan mulai dari sejarah perusahaan, struktur perusahaan, bagian atau bidang yang ada di dalam perusahaan hingga yang membuat saya takjub dan terkaget-kaget yaitu tentang financial atau keuangan perusahaan yang lebih terfokus pada budgeting atau anggarannya. Saya diperlihatkan bagaimana sebuah perusahaan besar menyusun dan menganggarkan dananya. Tabel-tabel dan kolom-kolom yang telah berisi angka dengan jumlah yang sangat menakjubkan. Bahkan jumlah anggaran yang diperlihatkan lebih besar daripada jumlah dana anggaran untuk kampung halaman saya sendiri. Hahaha…!!

Setelah si bapak tadi menjelaskan semua hal tentang Pertamina, saya pun dipinjamkan sebuah buku khusus tentang Pertamina, biar saya bisa lebih memahami dan mempelajarinya lagi. Tak lama setelah itu, waktu istirahatpun datang dan saya minta izin untuk keluar lebih dulu karena memang teman-teman yang lain juga sudah berada di luar ruangan.

Selesai istirahat, pukul setengah dua saya masuk ruangan lagi. Duduk sebentar sambil membaca-baca buku yang diberikan tadi. Tak lama kemudian seorang karyawan lain memanggil saya dan diapun menyuruh duduk di dekatnya. Dengan sikap yang bersahabat si abang itupun kembali menjelaskan kepada saya tentang anggaran perusahaan. Namun dia lebih memfokuskan pada apa yang tengah dikerjakannya. Hm, benar-benar ribet dan membingungkan. Banyak sekali kolom dan tabel-tabel yang harus diselesaikan dengan angka-angka yang berjumlah besar. Benar-benar butuh konsentrasi dan ketenangan untuk mengerjakannya.

Setelah itu kita bercerita sebentar tentang pengalaman si abang tersebut dan barulah pembicaraan berakhir karena jam pulang. Hm, Alhamdulillah magang hari ini berjalan dengan lancar dan baik. Walaupun belum ada pekerjaan yang bisa saya lakukan, tapi ada kepuasan yang saya dapatkan, terutama kepuasaan saat mendapatkan ilmu dan informasi baru tentang perusahaan tempat saya magang. Semoga sampai akhir magang nanti saya bisa bekerja dengan baik dan bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk perusahaan ini. Aminnn…!!!!

Dumai, 3 Juli 2012

Posting: 01 Agustus 2012. Cash Bank room, RU II Dumai.

6 responses »

    • Iya, boleh, tapi waktu saya magang itu ada sodara juga yang bantuin. Jadi infonya kurang begitu tau.. Yang jelas kamu harus kirimkan surat keterangan magang ke Pertamina dari universiti. Nanti mereka akan balas suratnya.. 😀

Leave a Reply

