Harga-menghargai..

Standard

 

Malam ini aku belajar bagaimana cara menghargai dan dihargai. Terkadang kita merasa orang lain terlalu semena-mena memperlakukan kita. Tapi apakah kita sadar bahwa kita juga pernah berbuat demikian kepada mereka. Mungkin bukan kepada orang yang sama, tapi kepada orang lain yang telah datang dan mengambil peran dalam kehidupan kita.

Menghargai adalah bagaimana cara kita bersikap lebih care, respect dan hormat kepada orang lain. Begitu juga saat kita dihargai oleh orang lain. Jangan menganggap hal itu sepele dan mudah, karena bagaimana kita adalah tergantung pada bagaimana sikap kita sehari-hari.

Semua orang pasti ingin dihargai, tapi tak semua bisa dengan mudah menghargai orang lain. Semua orang ingin diperlakukan baik, tapi tidak semua orang bisa berlaku baik. Ingatlah saat kita berlaku tidak baik kepada seseorang, jangan pernah marah jika orang tersebut berlaku tidak baik juga terhadap kita. Karena secara tidak langsung proses tersebut yang membuat kita mentransfer dan mengajarkan sifat dan sikap buruk itu kepada mereka.

Mungkin ada benarnya juga, saat kita tidak menyukai keadaan atau suasana yang tengah terjadi di lingkungan sekitar, dengan perasaan tidak senang kita akan melewatinya tanpa peduli apakah orang lain nyaman dengan sikap kita tersebut. Tapi ingatlah satu hal, bukan keadaan yang harus beradaptasi dengan kita, namun kitalah yang harus aware dan menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar. Jangan menuntut orang lain untuk bisa memahami kita, tapi kitalah yang harus paham bahwa orang lain tersebut tengah menjadi diri mereka sendiri. Kita harus menghargainya sebagaimana mereka menghargai kita.

Jadi harga menghargai tersebut memang sangat penting agar tercipta keharmonisan hidup dalam keluarga, masyarakat dan lingkungan sekitar.

Belajarlah santun dalam bertindak. Belajarlah bijak dan berkata. Dan belajarlah ikhlas dalam berbuat. Ingatlah, Allah akan membalas semua sikap dan perilaku kita sesuai dengan apa yang telah kita lakukan dimasa lalu. Jadi selalulah berbuat baik dan ingat kepada Allah. InsyaAllah, Allah juga akan selalu ingat kepada kita.

“We are not the best, but we always try to be the best…” šŸ˜€

Sherly Adra Pratiwi

11:08 pm

Jum’at, 07 Desember 2012

11F-202, Uni Inn, UUM, Sintok, Kedah, Malaysia

Advertisements

2 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s